Rahasia di Balik Kedua Pasang Mataku

cara orang menjalani hidup itu berbeda-beda. punya strategi masing-masing. cara orang menghadapi hidup pun berbeda-beda. dan aku percaya banyak pilihan jalan yang bisa ditempuh. mungkin bagiku ini yang terbaik, tapi orang lain melihat tidak seperti yang aku lihat. mungkin aku pikir hitung-hitunganku benar dan tepat, strategiku benar, tapi bagi orang lain tidak benar dan tidak tepat.

di balik setiap pasang mata orang itu selalu ada rahasia hati. rahasia yang tidak bisa disampaikan. meskipun ingin sekali keluar, ia sulit di ucapkan. atau mungkin, orang itu belum bisa dan tidak akan pernah bisa mengucapkan itu dengan benar, sehingga orang-orang disekelilingnya tidak dapat mengetahuinya secara tepat. dan di balik senyum riang setiap orang, pasti ada getir yang menempel di belakangnya. ada sejumput harapan yang mendobrak hati ingin di keluarkan, di ucapkan, di bagi dan di wujudkan. namun, jangankan di wujudkan, untuk diucap supaya terbagi dengan sahabat saja sulit. karena mereka mungkin belum bisa mengucapkannya dengan benar. yang mereka bisa lakukan adalah menuliskannya, memujanya dalam hati, dan mendoakannya. bahkan mereka sering sekali membayangkannya.

setiap orang yang selalu mengurus keperluan orang lain, selalu memperhatikan orang lain, selalu ada buat teman-temannya, selalu siap dimintai bantuan oleh sahabat-sahabatnya, selalu menghibur orang sekitarnya, tidak berarti mereka itu tidak ingin diurus dan tidak ingin diperhatikan. sebanarnya mereka ingin teman-temannya ada buat mereka. mereka ingin sahabat-sahabatnya selalu siap jika mereka meminta bantuan. dan mereka selalu ingin di hibur. dan hanya karena mereka tidak menangis, bukan berarti hati mereka tidak menangis. hanya karena mereka selalu terlihat terpenuhi, bukan berarti mereka tidak merasakan kosong. hanya karena mereka selalu terlihat tegar dan kuat, bukan berarti tidak ada sesuatu yang meresahkan. dan mereka juga manusia yang ingin sekali di limpahi kasih sayang. kasih sayang yang penuh yang mereka butuhkan. tidak hanya sedikit-sedikit. kasih sayang yang sejati.

dan mereka mempunyai cara yang berbeda-beda dalam melupakan seseorang, yang menurut mereka memang harus di lupakan. tapi ada yang memilih diam. menjalani hidup tanpa banyak meminta. tanpa banyak berencana. tanpa banyak bicara. mereka hanya diam, dan menunggu rencana Tuhan. karena mereka percaya, setiap pertemuan pasti ada maksud di baliknya. ada sesuatu yang akan terjadi, sehingga pertemuan itu tidak sia-sia. tidak terjadi begitu saja. mereka percaya akan takdir. dan mereka selalu menentukan nasib mereka. pergi dan menyiksa diri sampai entah kapan, atau tetap tinggal dan bersikap teguh.

dan aku, adalah mereka yang memilih tetap tinggal dan bersikap teguh, kawan. aku yang memilih diam. menjalani hidup tanpa banyak meminta, berencana dan bicara. aku diam dan menunggu rencanaNya. karena aku percaya, setiap pertemuan pasti ada maksud di baliknya. dan aku adalah mereka yang percaya akan takdir itu ada. aku juga yang selalu menentukan nasibku sendiri. dan aku memilih tetap tinggal dan bersikap teguh. tetap menunggu rencanaNya.

dan ketika aku diam. ketika aku tidak bergerak. tidak berarti aku stuck. aku… adalah mereka yang percaya akan takdir dan maksud dari setiap pertemuan. dan sesungguhnya aku adalah mereka yang mempunyai rahasia hati di balik kedua pasang mataku. aku yang selalu tersenyum riang namun getir selalu mengikutinya. aku adalah mereka yang mempunyai harapan yang hanya dapat dituliskan, dipuja sendiri, didoakan, dan selalu di bayangkan. dan akulah yang selalu mengurus orang lain, menghibur orang lain, memperhatikan orang lain, aku adalah mereka yang selalu ada untuk teman dan sahabatku, aku adalah mereka yang tidak menangis, aku adalah yang selalu terlihat terpenuhi, yang selalu tegar dan kuat.

semoga mereka yang bertanya, yang tidak paham dan yang tidak percaya, akan mengerti rahasia dibalik kedua pasang mataku…

2 thoughts on “Rahasia di Balik Kedua Pasang Mataku

  1. merry! i like your writing for this one, but quite disagree with the tag, it’s not fate, because fate usually refers to something rather negative…
    it’s how we choose to life, how we choose to enjoy life, and i believe, by serving others, that’s the way we got served🙂

    cheers

Leave a Reply

