Doa Tepi

Namanya Tepi. Gadis kecil berambut panjang yang duduk di kelas 4 SD. Setiap pagi, dia bangun dan membantu Ibu serta Bapaknya menyiapkan bahan-bahan soto untuk dijual tiap pagi. Setelah itu, dia masuk ke kamarnya, memandangi satu-satunya poster yang tertempel di dinding kamarnya yang reot. Selembar poster bergambar bendera merah-putih yang dengan gagahnya berkibar, berlatarkan langit biru yang cerah, dan itulah penyemangat harinya setiap pagi. Walau poster itu sudah lecek dan kusam, tapi Tepi tidak pernah bosan melihatnya setiap pagi.

Entah apa dan bagaimana, tiap kali dia melihat poster itu, Tepi merasa dadanya bergetar. Ada sesuatu didalam dadanya yang ingin keluar. Mungkin itu harapan, mungkin juga suatu beban, mungkin itu suatu amanat yang ditaruh oleh Tuhan pada Tepi. Namun, Tepi akui, dia senang dengan getaran itu. Walaupun sampai sekarang, Tepi gak tahu arti getaran didadanya. Tapi Tepi yakin, suatu hari nanti dia akan mengerti. Tepi juga yakin, kalau suatu hari nanti, Tepi akan mempersembahkan sesuatu untuk Indonesia. Tepi akan membuat setiap orang yang menginjakkan kaki disini, menjadi bangga pada tanah air ini. Tepi percaya, bahwa dunia akan memandang hormat dan kagum pada negeri beribu pulau ini.

Setelah puas memandangi poster itu, Tepi berlutut didepannya. Ia mentautkan jemari mungilnya, Memejamkan matanya dan Tepi mulai berdoa, “Tuhan, selamat pagi. Terima kasih, ya Tuhan, kalau Tepi masih boleh membuka mata Tepi di negeri yang indah ini. Terima kasih untuk Ibu, Bapak, dan semangat yang selalu Tuhan kasih buat Tepi tiap hari. Tuhan, Tepi mau jadi orang berhasil kalau Tepi besar nanti, biar bisa mengharumkan nama Indonesia. Biar semua orang juga bangga sama Indonesia, Tuhan. Dan supaya nanti, Tepi masih bisa menutup mata Tepi lagi di tanah air tercinta ini. Tuhan, Tepi cuma mau Tuhan maafin Indonesia atas semua kesalahan kami, dan berkati kami dengan anugerah-Mu. Terima kasih, Tuhan. Amin…” Setelah berdoa, Tepi kemudian bersiap berangkat kesekolah, belajar yang rajin supaya Tepi jadi orang berhasil kalau besar nanti.

14.50 today
Anthropology class

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s