Sebatas Punggung.

sering kita bertemu. hanya bertegur sapa dan salam. bertukar senyum atau tatapan mata dari jauh. lebih dari itu, hanya kita yg tahu. mereka tidak tahu. atau mungkin, kau juga tidak tahu? aku senang kau baik, kau katakan yang tak pernah orang lain katakan padaku, kau perlakukan aku yang orang lain belum pernah lakukan itu padaku. sebatas itu. tidak lebih. tapi siapa yang tahu kalau itu juga sudah lebih. setidaknya sedikit, bagiku.

aku tidak menyalahkan kau yang terlalu dermawan itu. mungkin, aku juga tidak tahu. menyumbangkan senyummu, perhatianmu, kebaikanmu pada semua orang. sekali lagi, mungkin, aku juga tidak tahu pasti. maafkan aku yang menilai dirimu sendiri. dari kacamataku sendiri. mungkin asumsi-asumsi asal ini tidak pernah akan tercipta jika kau membuka dirimu sedikit lagi. membiarkanku merasuki alam pikiranmu yang selalu kau sembunyikan. dan akan aku selami dalamnya hatimu dan akan aku tapaki lebarnya relung jiwamu. supaya aku mengerti setiap senyum tipismu, tawa renyahmu, atau tatapan kosongmu.

tak bisakah kau biarkan aku mengenalmu? agar aku tidak takut untuk terjatuh lagi… merasa lagi… yakinkan aku bahwa mencintaimu kelak bukan menjadi hal yang sia-sia. yakinkan aku bahwa kau adalah orang yang berharga untuk waktu, hati, cinta, dan sayangku. karena sampai sekarang, aku berjalan dibelakangmu. cintaku hanya sebatas punggungmu saja. kau seorang yang hanya bisa kugapai bayangnya saja dan tak pernah kumiliki keutuhannya. kau bagaikan bintang jatuh yang hanya sanggup kutangkap dengan sekelabat tatapan saja tanpa sanggup aku kejar cahayanya. kau hanya seorang yang bisa aku kirimi isyarat sehalus udara yang menggema, air yang mengalir entah kemana, awan yang jauh kugapai, atau hujan yang tak pernah bisa aku tampung. aku adalah orang yang paling bersedih, karena aku mengetahui apa yang tidak sanggup aku miliki.

bisakah kau membantuku semampumu?
seperti… berbalik?

Leave a Reply

