Seorang Pria dengan Beribu Senyum

aku tahu. aku mengerti.

aku mengenalnya. seorang pria dengan beribu senyum. dia berdiri disana. didepan orang-orang yang menyukainya. tebarkan pesonanya dan sebarkan ramahnya. jika tidak percaya, dekati dia, dan senyumnya akan mudah tertular kepadamu. mungkin itu karunia Tuhan untuk dirinya. mungkin itu memang keajaiban dalam dirinya. sungguh sosok yang luar biasa. tiada tara indah dirinya.

aku mengenalnya. seorang pria dengan tawa canda tiada habis. dia akan bawa ceria kemana kakinya melangkah. dia akan membuat semua jatuh cinta dengan hatinya yang tulus. dimana dia berada, disana ada sukacita. dia seorang yang bebas. dia yang melakukan semuanya sesuka hatinya asal dia senang. ada kehangatan dalam kehadirannya. ada kerinduan saat ia tak datang.

namun aku cukup mengenalnya untuk mengetahui bahwa ia kesepian. bahwa ia sedih. bahwa ia sendiri. hatinya sunyi. ia takut dan gamang. semua tawa dan canda lenyap saat ia pulang kerumah dan mendapati dirinya seorang diri. semua ceria pergi entah kemana setelah ia berbaring diatas tempat tidurnya yang sepi. semua senyumnya lenyap saat ia menonton televisi sendiri dan sunyi yang ia dengar.

dan esok harinya, saat mentari kembali bersinar. ia akan tersenyum lagi, tertawa lagi, bercanda riang lagi. seakan tidak ada yang salah dengan hatinya. seakan tidak ada masalah dengan dirinya. seakan semua baik-baik saja. mungkin ia tidak ingin orang lain melihatnya sedih dan terpuruk. atau ia yang selalu membohongi dirinya bahwa semua baik-baik saja.

aku mengenalnya. seorang pria luar biasa yang aku kagumi. aku berjalan medekatinya yang duduk sendiri di pojok hari itu. menghiraukan orang-orang yang mencarinya. aku pegang tangannya kuat, aku lihat matanya berkaca-kaca.

“aku mohon, untuk kali ini saja, kau bisa menangis dan merasa lemah. kamu manusia, bukan malaikat. kamu bisa sedih, kamu bisa merasa sepi, kamu bisa merasa tidak kuat. aku mohon, untuk kali ini saja.”

dan dia memelukku erat. airmata membasahi pundakku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s